Komunitas

Please or Register to create posts and topics.

Dosen dan Peneliti Smart Agriculture UGM menjadi Narasumber di Diskusi Pertanian - Sinergitas Sistem Pertanian Cerdas di Era Industri 4.0 dan Society 5.0.

Dosen dan Peneliti di Smart Agriculture Research, Departemen Teknik Pertanian dan Biosistem, Fakultas Teknologi Pertanian, Universitas Gadjah Mada, Andri Prima Nugroho, STP., M.Sc., Ph.D., IPM. menjadi salah satu narasumber dalam acara Diskusi Pertanian. Kegiatan yang diselenggarakan oleh Himpunan Mahasiswa Produksi Pertanian, Politeknik Negeri Jember pada Sabtu, 26 Maret 2020 secara online ini dimulai pada 17:30 - 11:00 WIB.

Kegiatan yang bertajuk “Sinergitas Sistem Pertanian Cerdas di Era Industri 4.0 dan 5.0” dihadiri oleh kurang lebih 100 peserta ini membahas mengenai informasi seputar teknologi di era revolusi industri 4.0 dan 5.0. khususnya dalam bidang pertanian dengan memanfaatkan teknologi berbasis informasi. Pada diskusi ini terdapat interaksi yang aktif antara partisipan dengan pemateri.

Acara dibuka secar resmi oleh Ketua Jurusan Produksi Pertanian Politeknik Negeri Jember, Dwi Rahmawati, SP., MP. dan memberikan arahan mengenai pentingnya memahami dan menguasai teknologi di era revolusi industri 4.0. Sesuai dengan tema pada diskusi kali ini yaitu pengenalan revolusi industri 4.0 dan society 5.0.

[caption id="attachment_829" align="aligncenter" width="900"] Paparan Andri Prima Nugroho - Aplikasi Pertanian Presisi - Smart Farming untuk Efisiensi Produksi Pertanian di Era Industri 4.0 dan Society 5.0[/caption]

Andri Prima Nugroho membawakan materi mengenai Aplikasi Pertanian Presisi - Smart Farming untuk Efisiensi Produksi Pertanian di Era Industri 4.0 dan Society 5.0. Disela-sela presentasinya, Andri juga mengajak berdiskusi interaktif dengan peserta untuk mengajak berfikir dan juga diskusi terkait case study penerapan pertanian presisi pada level aplikas di Masyarakat.

Pemateri kedua adalah Agus Ali Nurdin, SE., aktivis petani milenial yang memiliki pengamalan dalam pemberdayaan petani serta sertifikasi petani milenial melalui P4S Okigaru - Ikamaja. Agus Ali atau akrab disapa Kang Guslee ini membagikan pengalaman beliau dalam memajukan bidang pertanian dari konvensional menuju pertanian yang modern dengan pendekatan cerdas dan humanis.

[caption id="attachment_832" align="aligncenter" width="900"] Suasana diskusi dan tanya jawab[/caption]

Diskusi dan tanya jawab mengenai isu-isu seputar teknologi, penerapan, dan juga permasalahan dalam aplikasi pertanian berlangsung dengan seru, antusiasme peserta yang menayakan secara langsung dan juga melalui media chat dapat mengalir sehingga tak terasa waktu satu jam diskusi terlewati dengan singkat.

[caption id="attachment_830" align="aligncenter" width="900"] Peserta diskusi pertanian 3-web[/caption]

Andri Prima Nugroho juga mengenalkan beberapa riset yang dilaksanakan di Smart Agriculture Research, sebagai center of excellence penerapan pertanian presisi pada pertanian tropis. Beberapa paket teknologi mulai dari yang sederhana sampai dengan advance coba dikenalkan berikut dengan penjelasan strategi implementasinya. Melalui kegiatan ini diharapkan kedepannya dapat menumbuhkan minat dan keinginan generasi muda untuk terjun dalam bidang pertanian dengan menerapkan teknologi agar dapat menghasilkan kualitas dan kuantitas produk pertanian yang tinggi melalui peningkatan efisiensi proses dan penggunaan sumber daya.